Selama ini pengambilan screenshot di PC seringkali hanya menggunakan tombol print di layar. Tapi, pernahkah Anda menggunakan aplikasi screenshot PC yang memudahkannya? Menangkap gambar dari layar komputer merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap pengguna komputer. Ini karena seringkali tampilan di komputer Anda berisi informasi penting yang harus Anda simpan. Penggunaan tangkapan layar lebih umum di ponsel cerdas sekarang, karena kebanyakan orang lebih sering menggunakannya daripada komputer. Padahal di PC, penggunaan screenshot juga memiliki posisi yang sangat penting dalam berbagi informasi.

Pada kesempatan akli ini, Kami akan memberikan informasi tentang aplikasi screenshot PC default atau yang perlu diinstal terlebih dahulu. Sebelum itu, lihat metode screenshot yang dibahas di laptop untuk mempelajari lebih lanjut.

1. Menggunakan Tombol Screenshot Bawaan

Tombol Screenshot di Keyboard
Tombol Screenshot di Keyboard – Foto: google.com

Sebenarnya setiap perangkat PC sudah memiliki tombol khusus untuk melakukan screenshot yakni pada tombol Print Screen yang ada di keyboard. Penggunaan tombol ini sudah secara otomatis diatur oleh sistem agar bisa mengambil gambar tampilan layar saat ditekan.

Pada program Windows di bawah Windows 8, sistem tidak mengatur untuk otomatis menyimpan gambar yang ditangkap. Dalam hal ini, hasil screenshot hanya disimpan ke dalam clipboard saja.. Lazimnya, orang menggunakan aplikasi edit foto bawaan Paint untuk mengcopy clipboard tersebut kemudian menyimpannya.

Program Windows 10 dan 8 memiliki satu cara unik menangkap gambar layar yakni dengan menekan Windows+Shift+S. Akan muncul sebuah tampilan untuk menangkap gambar.

Jika tombol Print Screen akan menghasilkan tangkapan layar penuh, tombol ini bisa mengambil gambar pada bidang tertentu. Tetapi lagi-lagi, gambar yang dihasilkan hanya tersimpan dalam clipboard saja.

2. Snipping Tool, Aplikasi Screenshot PC Bawaan

Snipping Tool – Foto: windows.net

Windows sebenarnya juga sudah menyediakan aplikasi bawaan untuk melakukan screenshot. Aplikasi ini hanya terdapat pada Windows 7 ke atas dan bisa sangat membantu kamu mengambil screenshot secara penuh, jendela khusus, atau secara bebas. Di aplikasi ini terdapat beberapa fitur tambahan yang membantu seperti penghapus, stabilo, pensil, dan masih banyak yang lain.

Program Snipping Tool juga menyediakan format file yang berbeda tanpa harus menggunakan aplikasi convert tambahan. Ada 4 format file yang ditawarkan saat melakukan screenshot yakni PNG, JPEG, GIF, dan MHT. Aplikasi ini biasanya tidak terdapat di taskbar tetapi bisa ditemui dengan mencarinya di kotak pencarian di menu Start.

Itulah beberapa informasi tentang cara untuk screenshoot di windows tanpa aplikasi. Tetap ikuti terus informasi menarik lainya dari kangretri.com ok. Selamat mencoba!